Rabu, 12 Juli 2017

Akhirnya US Dollar Bull Menyerang Asia Pasifik

Sudah beberapa minggu ini saya punya kerja sambilan (moon-shining) sehingga kadang hari Sabtu-Minggu masih harus kerja. Di samping itu juga pada hari-hari biasa masih harus rapat sampai malam, kemudian trading saham, sehingga minggu lalu EOWI terpaksa absen. Ada beberapa perkembangan menarik akhir-akhir ini, sehingga saya harus membuat peringatan.

Pada intinya, dalam beberapa minggu ke depan, pasar akan mengalami relief rally lagi sebelum kejatuhan yang dalam. Kali ini sifatnya lebih mengglobal.

Kita mulai saja dengan dollar.

US dollar bull sudah menyerang mata uang daratan Europa sejak akhir tahun 2009. Sang banteng saat ini sudah berumur hampir 6 bulan. Euro sejak Nov 2009 telah kehilangan 20% dari nilainya terhadap US$ (Chart-1). Tidak hanya Euro, tetapi juga Pound Inggris (Chart-2), frank Swiss (Chart-3), Norwegia kroner (Chart-4), mata uang Eropa lainnya seperti Swedia (Chart-5), Russia, Poland, dan lain-lain. Semuanya mengalami serangan US dollar bull mulai pada bulan November 2009. Salahkan semua kepada krisis di Eropa. Investor lari ke US dollar.
Chart 1
Chart 2
Chart 3
Chart 4
Chart 5
Cina Mengalami Kesulitan EksportSejak lama US selalu menyalahkan Cina karena Cina mematok Yuan pada US dollar. Sekarang Cina mengalami kesulitan. Yuan mangalami appresiasi sebanyak lebih dari 20% sejak Desember 2009 (Chart-6). Artinya eksport Cina lebih mahal 20% di Eropa selama 6 bulan terakhir ini. Pasar di Amerika sedang seret, sekarang pasar Eropa juga payah. Haruskah Cina melepas pegnya terhadap US$ untuk mematoknya dengan Euro? Tentunya akan menarik.
Chart 6
US Dollar Mulai Menyerang Mata Uang Asia
US dollar menguat dan berhasil menembus resistancenya pada beberapa uang Asia. Pada dollar Taiwan, Won Korea dan Rupee India, keperkasaan US dollar berhasil menembus resistance nya (Chart-7, 8 dan 9). Dan bisa dikatakan US dollar telah memulai babak baru bull market.

Sedangkan untuk dollar Singapura dan rupiah, dollar masih belum bisa dikatakan telah memasuki babak bull (Chart 10 dan 11).
Chart 7
Chart 8
Chart 9
Chart 10
Chart 11
Walaupun US dollar bull sudah mulai menyerang Asia, nampaknya indeks US dollar sepertinya siap akan mengalami koreksi yang berarti, sekitar 10% pada indeks dollar. Ini sejalan dengan relief rally bagi Euro, yang sudah sangat over-sold. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu, atau sampai 2 - 4 bulan.


Emas Nampak Sangat BearishEmas mengalami rally ketika Euro terperosok. Penguatan Emas tidak hanya terhadap Euro, tetapi juga terhadap US dollar. Investor menganggap emas sebagai tempat berlindung. Tetapi hal ini akan segera berakhir. Mungkin dalam bilangan hari. Chart-12 menunjukkan harga emas terhadap Euro. Nampak sekali bahwa saat ini sudah sangat over-bought dan rawan koreksi. Di samping itu juga Euro sudah sangat oversold terhadap mata-uang dollar. Bahkan commercial traders melakukan net short yang besarnya belum pernah saya lihat sebelumnya (Chart-13) terjadi di pertengahan tahun seperti sekarang ini. Seperti biasanya, jika commercial traders melakukan short, tanda-tanda emas akan jatuh. Dalam Euro, kejatuhan emas, secara teknical bisa mencapai 20%.
Chart 12
Chart 13
Dow Bersiap Untuk Jatuh ke Jurang yang Dalam
Bursa saham sedang membuat loncatan ancang-ancang yang akhirnya akan terjun bebas. Relief rally minor wave (2) dari primary 3 kemungkinan sedang berlangsung. Selama ini EOWI tidak mau banyak mengomentari pasar saham karena sedang menunggu minor wave (2). Dengan terbentuknya pola segitiga menurun (bearish wedge), kami yakin akhirnya saham akan mengalami rebound yang cukup berarti (Chart 14). Target akhir dari minor wave (2) ada di kisaran 10520 – 10700 pada indeks Dow Industrial. RSI dan MACD kelihatannya juga mendukung.
Chart 14
Relief rally ini kemungkinan akan berlangsung cukup lama. Mungkin antara 3-4, bahkan bisa sampai 5 minggu. Sejalan dengan ini, tekanan terhadap mata uang Asia akan mereda untuk sementara. Bila minor wave (2) sudah selesai, maka kita akan berhadapan dengan minor (3) dari primary 3, yang sifatnya akan sangat brutal. Jadi tunggu saja akhir dari minor wave 2, jika ingin melakukan shorting.

Saat ini emas yang sudah matang untuk dishort......, berpesta bersama para trader commercials.

Sekian dulu.......

Jakarta 13 Juni 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar